Posted by : juwita sandra
Minggu, 13 Oktober 2013
TUGAS SOFT SKILL PERILAKU KONSUMEN
NAMA : JUWITA SANDRA JUWONO
KELAS :3EA21
NPM : 19211035
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2012-2013
BAB 1 : PENDAHULUAN
1. Apa yang
dimaksud dengan perilaku konsumen?
Perilaku konsumen merupakan tindakan–tindakan yang
terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan –
tindakan tersebut.
2. Pemikiran
yang benar tentang konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat,
baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup
lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk
tersebut untuk dijual kembali, maka dia disebut pengecer atau distributor.
3. Penelitian
konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
Konsumen merupakan sosok individu atau kelompok yang
mempunyai peran urgent bagi perusahaan. Hal ini disebabkan keberadaan
konsumen mempunyai akses terhadap eksistensi produk di pasaran sehingga semua
kegiatan perusahaan akan diupayakan untuk bisa memposisikan produk agar dapat
diterima oleh konsumen, Eksistensi kebutuhan yang sifatnya heterogen kemudian menjadi
dasar bagi konsumen untuk melakukan tindakan pemilihan atas tersedianya
berbagai alternatif produk, Tindakan konsumen itu sendiri merupakan suatu
refleksi dari rangkaian proses tahapan pembelian dimana implikasi atas
tindakannya tersebut akan mengantarkan pada suatu penilaian bahwa produk dapat
diterima oleh pasar atau justru terjadi penolakan oleh pasar (Mabruroh, 2003).