Posted by : juwita sandra
Sabtu, 21 Desember 2013
NAMA
: JUWITA SANDRA JUWONO
NPM : 19211035
KELAS
: 3EA21
BAB
11 : PENGARUH INDIVIDU
Perilaku
pembelian konsumen juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi konsumen.
Karakteristik-karakteristik tersebut misalnya: umur konsumen, tahapan dalam
siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep
diri. Peranan usia dan siklus hidup mempunyai pengaruh penting terhadap
pembentukan perilaku konsumen, tinggi rendahnya usia seseorang biasanya akan
mempengaruhi minat terhadap suatu produk, seperti selera pada makanan, pakaian,
mobil, dan rekreasi. Tahapan siklus hidup keluarga konsumen (family life cycle)
merupakan urutan yang teratur mengalami perubahan dalam mengkonsumsi suatu
produk, di mana proses ini berkembang melalui kedewasaan, pengamanan, perubahan
pendapatan serta status pekerjaan dan pernikahan (keluarga). Manajer pemasaran
sering mendefinisikan sasaran pasarnya dengan siklus hidup keluarga, seperti:
menikah atau belum menikah, punya anak maupun tidak punya anak. Konsep diri
merupakan bagaimana konsumen mempersepsikan diri mereka sendiri, di mana
konsepsi diri ini dapat meliputi sikap, persepsi, keyakinan, dan evaluasi diri.
Meskipun konsepsi diri bisa berubah, maka perubahan tersebut biasanya bertahap
(Lamb, et. al., 2001). Keberadaan konsepsi atau persepsi konsumen terhadap
suatu produk dan mempengaruhi motivasi konsumen untuk belajar tentang bagaimana
berbelanja, dan membeli suatu produk dan merek yang tepat. Pada tahapan
selanjutnya kepribadian dan konsepsi diri konsumen dapat mencerminkan gaya
hidup (life style) seseorang. Gaya hidup merupakan pola hidup yang
diekspresikan oleh minat, kegiatan dan pendapat seseorang terhadap keputusan
membeli suatu produk. Gaya hidup menggambarkan seseorang, tentang bagaimana
mereka berinteraksi dengan lingkungannya.
1.
Pengaruh
Kelompok Referensi
Kelompok referensi disebut juga
sebagai acuan.Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata
mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung.Kelompok
referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusandan
sebagai dasar pembandingan bagi seseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum
/ khusus atau pedoman khusus bagi perilaku.
Jenis – jenis kelompok referensi
berdasarkan pengelompkannya yaitu :
1. Menurut intensitas interaksi dan
kedekatannya
• Kelompok primer
• Kelompok sekunder
2. Menurut legalitas keberadaan
• Kelompok formal
• Kelompok informal
3. Menurut status keanggotaan dan
pengaruh
• Kelompok aspirasi
• Kelompok disosiasi
• Primary / secondary
• Membership
2.
Pengaruh
Kata-Kata
Menurut Schiffman dan Kanuk terdapat
8 peran yang dilakukan oleh anggota keluarga, antara lain :
-Penjaga pintu (gatekeepers)
-Pemberi pengaruh
-Pengambil keputusan (decision
maker)
-Pembeli (buyer)
-Penyiap (preparer/installer)
-Pengguna (user)
-Pemelihara (maintener)
-Pembuang (disposer)
Menurut Neighbour (1985) thapan,
tugas dan masalah yang menjadi isu penting dalam setiap tahapan siklus
kehidupan keluarga adalah sebagai berikut :
-Tahap Perkawinan
-Tahap Melahirkan Anak
-Tahap Membesarkan Anak-Anak Memasuki
Sekolah Dasar
-Membesarkan Anak-Anak Usia Remaja
-Keluarga Mulai Melepaskan Anak-Anak
-Tahun-tahun Pertengahan
-Usia Tua
SUMBER :
Ø http://nonafanny60.blogspot.com/2013/01/bab-12-pengaruh-individu.html
Ø Wikipedia
Indonesia